Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Payment Processor Part 1 : PAYPAL


Hallo Wakaiers, mumpung ada kesempatan, ane mau share beberapa info nih buat agan-agan semua yang masih baru di dunia maya dan juga buat agan-agan yang lagi mencari informasi tentang hal-hal yang cukup penting di dunia Bisnis Online, salah satunya yaitu Payment Processor.  Dikesempatan ini, Payment Processor yang pertama ane bahas adalah Paypal. Sebelum ane jelasin soal Paypal sebaiknya ane jelasin dulu apa itu Payment Processor

Dalam bisnis online, dikenal sebuah istilah Payment Processor. Sebuah prosesor pembayaran (Payment Processor) adalah sebuah perusahaan (sering pihak ketiga) yang ditunjuk oleh pedagang untuk menangani kartu kredit transaksi untuk bank dagang.

Banyak orang mengartikan payment processor sebagai alat pembayaran online. namun kenyataannya payment processor tidak hanya digunakan sebagai alat pembayaran, melainkan berfungsi seperti rekening bank pada umumnya. Dalam dunia bisnis online, payment processor merupakan hal yang wajib. Semua penghasilan yang kita dapat akan dikirim ke akun payment processor kita. 

Berikut macam Situs situs Payment Processor:

  • PayPal (payment processor yang paling banyak digunakan di seluruh dunia saat ini), 
  • E-Gold, 
  • AlertPay,
  • Liberty Reserve,
  • 2checkout,
  • Stormpay,
  • E-Bullion,
  • Goldmoney,
  • Intgold,
  • Netpay,
  • Pecunix,
  • Webmoney,
  • Western Union,
  • Moneygram,
  • Moneybookers,
  • Perfectmoney,

Jadi Payment Processor ini bisa dianggap sebagai Bank dunia maya sebagai tempat kita menyimpan uang secara online sebelum kita pindahkan ke bank lokal dinegara kita.
Banyak memang Payment Processor yang bisa kita pilih, namun ane tidak akan membahas semua payment processor yang ada, yang akan ane bahas disini hanya payment processor yang paling banyak digunakan di hampir semua bisnis online.

Paypal itu apa sih?
Paypal adalah salah satu alat pembayaran (Payment procesors) menggunakan internet yang terbanyak digunakan didunia dan teraman. Pengguna internet dapat membeli barang di ebay, lisensi software original, keanggotaan situs, urusan bisnis, mengirim uang ke pengguna Paypal lain di seluruh dunia dan banyak fungsi lainnya dengan mudah dan otomatis menggunakan internet, Paypal mengatasi kekurangan dalam pengiriman uang tradisional seperti Cek atau Money order yang prosesnya dapat memakan waktu.
Paypal seperti rekening bank, pertama anda membuat account, lalu mengisi account tersebut dengan dana dari kartu kredit yang dapat diterima Paypal dan anda sudah dapat menggunakan account Paypal untuk bertransaksi (Saat ini pengguna Paypal di Indonesia baru dapat menggunakan Paypal untuk pembayaran dan mengirim dana saja belum dapat untuk menerima dana) Oktober 2006 Paypal sudah menerima 103 negara dan 16 mata uang, pengguna Paypal Indonesia masih harus menggunakan dananya dari kartu kredit dalam hitungan US dollar karena rupiah belum ada di Paypal.
Ebay adalah tempat lelang/jual-beli/pasar-online terbesar didunia, dengan pengguna lebih dari 200 juta orang di seluruh dunia (data juni 2006), anda dapat mencari dan membeli apapun mulai dari barang elektronik, kendaraan, hingga barang-barang langka dari seluruh pengguna ebay didunia, cara pembayaran utama di Ebay adalah dengan Paypal karena lebih aman dan otomatis, meskipun ada penjual yang menerima pembayaran dengan cara lain

Kenapa Paypal?
Kencederungan orang luar negri adalah sedikit ber-mobilitas, artinya mereka jarang yang suka keluar rumah atau antri ke bank. Mereka cenderung memilih bertransakasi dengan internet dan bisa di lakukan di rumah saja. Mungkin karena gak ada ojek atau omprengan jadi mereka males keluar rumah, beda dengan kita. hehhehe…jadi itulah kenapa mereka suka ber-Paypal ria.

Keuntungan paypal?
Perusahaan yang terpercaya. PayPal.com merupakan salah satu perusahaan yang didirikan oleh Ebay.com (salah satu web lelang terbesar di internet). Hampir 90% pembayaran online di Ebay.com dilakukan menggunakan PayPal.com, selain itu pengguna PayPal lebih merasa nyaman dalam bertransaksi, karena sebagai pembeli, nomor kartu kredit anda tidak akan diketahui oleh penjual. Walaupun saat ini Indonesia masih belum bisa withdraw uang dari PayPal.

Caranya?
Seperti layaknya transfer antar bank, Paypal juga sama persis cuma dalam proses ini di lakukan dengan email. Nah, Kalau pengalaman teman saya, teman saya menggunakan “account Dollar” temennya yang di “hongkong”, Jadi uang Transfer dari Buyer teman saya di kirim ke Bank yang ada di “hongkong" dulu, baru dari Bank Hongkong di kirim ke account BCA. Proses ini hanya butuh 2 hari saja. Untuk sekali proses transaksi, dikenakan Biaya 10% buat biaya adminsitrasi. Kerena perbedaan mata uang dan kurs Dollar, 10% rasanya masih oke kok. artinya keuntungan di pihak penerima uang juga masih lumayan. Naaah sekarang untuk indonesia sudah bisa terima uangnya langsung.
Dan untuk verifikasi paypal pun, bisa juga dengan menggunakan Virtual Credit Card atau biasa disingkat VCC. jadi agan tidak perlu punya credit card untuk memverifikasi akun agan, caranya, bisa searching di mbah gugle, bertebaran disana pihak yang menyediakan VCC.

Situs Resmi Paypal bisa agan cek disini


Ditulis Oleh : Anonymous // 9:43 PM
Kategori:

2 komentar:

  1. Sore kak.
    Aku mau nanya kak kenapa akun captcha2cash aku ga bz di buka lagi yah?
    :-)

    ReplyDelete
  2. sore juga (ane bls nya subuh2 padahal, hehe)

    akun captcha2cash gag bisa dibuka? setahu ane C2C kemaren2 update, akun ane pun banyak yang kena delete. kemungkinan akun agan juga kena delete. tapi C2C kan gag ribet, bikin baru aja gan.
    oia, jika agan nyapcay pake pake software pihak ketiga, sebaiknya di akun agan yang baru jangan dilakukan lagi, karena C2C sekarang sensitive soal gituan. untuk sementara mending pake trik auto hotkey ja.

    semoga membantu. :)

    ReplyDelete

Komentar anda penyemangat kami. Biasakan Berkomentar Dengan Sopan.
Jangan lupa Follow blog nya juga ya, agar tidak ketinggalan tiap update.

Mojok Dimari Gan